review Pulau Rufas Raja Ampat | explore Papua | eksplore Indonesia

Pulau Rufas Raja Ampat


Sebelumnya kita sudah mengupas satu persatu destinasi yang ada di raja ampat dan juga menyinggung tempat - tempat dan pulau - pulau yang indah dan wajib dikunjungi ketika kita berkunjung ke Raja Ampat, nah sekarang kita menyinggung lebih jauh mengenai Pulau Rufas Raja Ampat bersama kita review hodnavel.



Pulau Rufas Raja Ampat


Di bagian awal sewaktu kita mereview destinasi Raja Ampat, kita sudah sedikit menyinggung bagaimana perjalanan ke tempat destinasi tersebut, jadi kita tidak menyinggung bagaimana perjalanan kita agar sampai ke Raja Ampat, jika kalian belum tahu dan ingin tau caranya untuk menjangkau ke destinasi Raja Ampat, silahkan disimak ulasan kita sebelumnya ya, yang mengenai review Raja Ampat.

Nah disini ceritanya kita sudah berada di destinasi Raja Ampat dan kelihatannya banyak tempat bagus dan harus kita kunjungi guys, seperti yang kita ketahui guys di raja ampat ini banyak sekali pulau - pulau, nah yang pertama kita kunjungi dan kita review adalah Pulau Rufas dan menjadi salah satu pulau yang wajib kita kunjungi jika kita sudah berada di Raja Ampat guys, jadi kita kunjungi satu persatu ya guys jadi kita mulai dulu dari Pulau Rufas beserta penginapannya guys.

Pulau Rufas Raja Ampat


Pulau Rufas terletak di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lanskap air laut jernih serta tebing batu karst bisa terlihat dari puncak bukit. Di antara beberapa Tempat Wisata tersembunyi di Raja Ampat, salah satunya adalah Pulau Rufas. Letak dari Pulau Rufas sendiri sangat dekat dengan Bukit Pianemo, salah satu salah satu ikon Raja Ampat, Papua yang terkenal dan paling banyak dikunjungi. Suatu keajaiban alam yang disuguhkan Pulau Rufas adalah laguna. Warna air laut di laguna ini toska cerah, membaur dengan pasir putih di salah satu sisinya. Pasirnya sangat lembut, ditambah ikan-ikan kecil yang jinak di pinggirnya akan menyerbu jika diberi makan.

Ketenangan dan Keindahan Alam Pulau Ini Masih Sangat Terjaga, Pepohonan bakau yang dipercaya sudah sangat tua tumbuh di sisi lainnya. Kesan menarik akan didapatkan para wisatawan ketika mengunjungi pulau ini. Tampak juga dua rumah tradisional Raja Ampat yang terbuat dari batang dan daun sagu di tepi laguna. Perjalanan ke Pulau Rufas dapat ditempuh dengan menggunakan boat dari pelabuhan Sorong. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan gugusan karang yang menjulang khas Raja Ampat. Menyusuri gugusan karang yang ada hingga nantinya air mendadak tenang menandakan telah memasuki laguna indah yang dipagari karang yang membukit di sekelilingnya.



Pulau Rufas Raja Ampat


Jika Anda menyeberang terus ke kiri dari jalur masuk, ada sebuah dermaga sederhana dan jalur pendakian bukit karang. Jalur pendakian bukit karang di sisi tersebut masih berupa pijakan karang yang disemen agar lebih mudah dipijak. Di puncaknya, Anda akan menemukan bangunan bertingkat yang belum selesai dibangun. Lantai dua bangunan inilah yang menjadi gardu pandang, spot terbaik untuk menikmati laguna dan Pulau Rufas ini dari ketinggian. Warna biru toska laguna tampak sangat kontras dengan warna lautan di luarnya. Ada juga gugusan batuan karst yang terlihat berserakan di atas laut. Airnya yang begitu tenang menjadi sasaran tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati laut dengan bersantai di atas floaties Pasirnya sangat lembut

Di Pulau Rufas terdapat penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat yang bisa mengakomodasi kebutuhan penginapan wisatawan. Penginapan dengan dinding batang sagu dan beratap daun sagu berdiri di Pulau Rufas. Setiap kamarnya berukuran 2,5 meter x 2 meter, tersedia dua kasur lengkap dengan bantal juga guling. Sebuah jendela tersedia untuk memudahkan pertukaran udara. Penginapan ini sudah di bangun dua tahun yang lalu, Meski berada di tengah laut, fasilitas listrik, makanan, minuman, dan air bersih akan tersedia untuk tamu. Listrik dihasilkan dari tenaga surya dan generator listrik, listrik dapat memenuhi kebutuhan penerangan dan lampu. Dua penginapan di Pulau Rufas terletak terpisah. Satu di dekat laguna Pulau Rufas dan lainnya di tengah pulau dekat dermaga.

Kamar mandi juga telah tersedia menyediakan toilet duduk dan satu kamar mandi untuk tamu. Di tengah Pulau Rufas, ada satu pondok lengkap dengan meja dan bangku yang dibangun, Pondok itu bisa digunakan untuk berkumpul dan juga makan.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di seputar Pulau Rufas. Wisatawan bisa berenang di laguna, snorkeling di sisi dermaga, bersantai di pulau, dan juga mendaki bukit Pulau Rufas. Tarif menginap di penginapan ini yaitu Rp 400.000 per orang per malam. Wisatawan yang menginap akan mendapatkan makan tiga kali sehari. Wisatawan yang ingin menginap di Pulau Rufas tak bisa datang langsung layaknya di homestay lain di Raja Ampat tetapi Wisatawan harus memesannya terlebih dahulu

lanjutan review raja ampat


Oke guys saatnya kita menikmati sejenak keindahan pemandangan di Pulau Rufas ini, setelah kita menikmati keindahan pemandangan pulaunya, bagi kalian yang ingin snorkeling maupun diving, kita juga akan mengajak kalian untuk sejenak menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pulau Rufas beserta ikan - ikan beserta mahkluk hidup didalamnya.

Oke sekian dulu guys ulasan kita mengenai Pulau Rufas Raja Ampat dan kita melanjutkan lagi perjalanan kita di destinasi selanjutnya, silahkan jika kalian ingin merequest destinasi mana yang mau kita review yang jelas seputaran destinasi di Raja Ampat ya, silahkan requestnya di kolom komentar, terima kasih sudah menyimak sampai jumpa di destinasi berikutnya guys.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...